Bahaya!! Ini Akibat Ngecas Pakai Smartphone Pakai Charger Lain (Bukan Bawaan)


Jika kamu harus memilih antara ketinggalan dompet atau smartphone, kamu mungkin bakal lebih milih ketinggalan dompet, kan? Tapi yang nyebelin adalah saat smartphone dibawa keluar kota, eh charger smartphone malah ketinggalan. Kesel pasti
Makin kesel kalo tiba-tiba baterai abis. Akhirnya ngecas pake charger orang lain kan?. Padahal bahaya loh ngecas smartphone pake charger bukan bawaan. Ha? bahaya? kok bisa? Karena Charger lain dengan Smartphone mu nggak compatible. Ini bahayanya
Bahaya Nge-cas Smartphone Pakai Charger Palsu
Hanya karena memiliki bentuk port USBnya sama, bukan berarti kamu boleh ngecas smartphone Android dengan sembarang charger. Masih banyak hal yang harus diperhatikan, seperti panjang port, lebar port, hingga besar daya di adapter. Kalo nggak memperhatikan hal itu, bisa bahaya buat smartphone kamu.

1. Sensitivitas Layar Kacau
Saat kamu menggunakan adapter charger yang bukan bawaan smartphone, maka akan ada ketidaksesuaian arus listrik yang masuk. Jika arusnya tidak stabil, dampaknya bisa berakibat pada sensitivitas layar sentuh smartphone kamu. Apalagi jika kamu sering menggunakan smartphone sambil dicari.
bahaya-ngecas-pake-charger-palsu (1)
Ngaku deh, pasti kamu pernah ngalamin saat chatting sambil dicas, virtual keyboardnya jadi sering ngaco kan? Biasanya ini terjadi karena adanya arus listrik yang 'luber' ke layar. Hal ini sering terjadi karena menggunakan charger palsu atau charger bukan bawaan.

2. Port USB Menjadi Rusak
bahaya-ngecas-pake-charger-palsu (2)
Kebanyakan smartphone Android masih menggunakan port USB 2.0. Hal ini menjadi keuntungan tersendiri, karena jika kabel charger rusak, kita gampang menemukan kabel lain yang sama. Tapi tetap harus hati-hati, panjang, dan lebar USB harus sama persis dengan yang port USB smartphone kamu. Karena jika lebih panjang atau lebih lebar, bisa merusak port USB smartphone kamu.

3. Ngecas Smartphone Jadi Lama
Berhubungan dengan poin kedua, rusaknya port USB smartphone akan membuat proses charge semakin lama. Tapi walaupun port USB smartphone kamu tidak rusak, saat menggunakan charger palsu pasti isi ulang jadi lebih lama karena arus listrik yang dihasilkan tidak sesuai dengan yang asli.
bahaya-ngecas-pake-charger-palsu (4)
Kamu bisa saja menggunakan charger lain yang mendukung fitur fast charging, tapi kembali lagi apakah semuanya sama dengan yang asli? Karena jika ukuran USB-nya tidak sama, tentu akan berimbas pada rusaknya port USB yang memicu lamanya proses isi ulang smartphone di kemudian hari.

4. Baterai Jadi Boros
bahaya-ngecas-pake-charger-palsu (3)
Selain pemakaian secara terus menerus dan berlebihan, baterai smartphone juga bisa aus jika sering dibiarkan ngecas dalam waktu yang lama. Karena aus, maka secara perlahan baterai pun semakin boros. Jangan Lupa, setiap jenis baterai memiliki life circle. Semakin lama dicas, semakin cepat life circle-nya habis.

Apa kamu adalah orang yang selalu meminjam charger orang lain karena malas? Sebaiknya jangan lupa untuk selalu membawa charger bawaan smartphone kemana pun. Kan ini juga buat kebaikan smartphonemu kan?
Share on Google Plus

About Unknown

    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar